Sabtu, 19 Juli 2014

ENIGMA MESIN SANDI MILITER



Gambar diatas bukanlah gambar para serdadu yang sedang browsing atau facebookan menggunakan laptop :D Melainkan mereka sedang menggunakan mesin enigma dalam memecahkan kode sandi yang telah diterima.

Enigma adalah mesin pemecah dan pembuat kode agar pesan yang dikirim terjaga kerahasiannya saat jatuh ke tangan musuh.Mesin ini dipatenkan oleh insinyur Jerman Arthur Scherbius sebelum dan selama perang dunia II.Nama Enigma ini diambil dari bahasa latin "aenigma" yang berarti "teka-teki".


Militer Nazi Jerman pertamakali menggunakan pada tahun 1928 dan dianggap mesin sandi teraman di dunia sampai pihak sekutu dari Polandia yaitu Jerzy Różycki dan Henryk Zygalski berhasil menciptakan alat pemecah kodenya pada tahun 1932.

Meski Jerman kemudian memperbaharui sistem mesin enigma,lagi-lagi sekutu dari Britania dan Perancis berhasil menciptakan kembali alat pemecah kodenya yang diberi nama "Bombe" dan menamakan hasil kodenya dengan nama "ultra" dengan bantuan informasi dari Polandia.

Cara Kerja Mesin Enigma

Mesin Enigma ini memiliki cara kerja dimana saat kita mengetikkan kata/kalimat pada papan board (keyboard) maka kalimat tadi akan di reflektor kan kemudian diacak oleh 3 Rotator yang ada sehingga menjadi kumpulan huruf-huruf yang acak.



Bagi anda yang penasaran bagaimana sistem kerja mesin sandi terkenal buatan Jerman ini silahkan coba saja dibawah ini :

- Caranya : Masukkan kata atau kalimat yang ingin anda jadikan sandi di kolom "input",dan lihat hasilnya di kolom "output"


Itulah gambaran dan contoh mesin enigma yang digunakan tentara Nazi Jerman dalam mengirimkan informasi rahasia selama perang dunia.Bagaimana ? Keren kan ? Semoga dapat menambah pengetahuan kita semua :t






kode emoticon komentar
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z: :ab:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar