Rabu, 09 Juli 2014

PENGHILANG RASA SAKIT ALAMI




Penggunaan obat-obatan kimia penghilang rasa sakit sangatlah berbahaya bagi tubuh kita,selain menimbulkan ketergantungan juga dapat meningkatkan resiko pengerasan arteri jantung yang pada akhirnya mampu menyebabkan penyakit jantung yang fatal.

Bagi anda yang tidak ingin bergantung pada obat-obatan kimia penghilang rasa sakit,ada baiknya mencoba tips yang aman dibawah ini :


A.SAKIT KEPALA

1. Dengan Meminum Air Putih

Salah satu penyebab sakit kepala adalah karena dehidrasi / kekurangan cairan pada tubuh. Dan kita pun tentu sudah mengetahui bahwa air merupakan komponen asupan yang sangat diperlukan oleh tubuh. Maka dari itu, jika anda terserang sakit kepala, segeralah minum air putih. Kemudian biasakan minum air putih 8 - 10 gelas per harinya agar anda terhindar dari sakit kepala.


2. Mengatasi Sakit Kepala dengan Memakan Kentang

Selain disebabkan oleh kekurangan cairan / dehidrasi, sakit kepala juga dapat disebabkan oleh hilangnya elektrolit seperti kalium. Nah, untuk mengatasinya tentu kita harus banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalium yaitu salah satunya kentang. Sebaiknya kentang yang akan dimakan, dimasak dengan cara dibakar dengan kulitnya, atau direbus (bukan digoreng).

3. Mengatasi Sakit Kepala dengan Pisang

Buah pisang mempunyai banyak manfaat,selain kaya akan potasium ternyata pisang juga kaya akan magnesium yang dapat membantu meredakan migrain. Nah, jika sakit kepala menyerang, anda bisa memakan buah pisang untu mengurangi rasa sakit pada kepala.

4. Mengatasi Sakit Kepala dengan Es Batu

Tahukan anda, ternyata es batu juga dapat kita gunakan untuk mengurangi rasa sakit pada kepala. Caranya mudah, kita hanya perlu mengosok-gosokan / mengkompreskan es batu secara perlahan pada daerah kepala anda yang terasa sakit. Es batu akan menyebabkan mati rasa pada daerah kepala yang terasa sakit, sehingga akan mengurangi rasa sakit kepala.

5. Mengatasi Sakit Kepala dengan Makanan/ Minuman yang Mengandung Mint

Nah, kalau cara ini lebih cocok jika sakit kepala yang anda derita disebabkan oleh maag karena melewatkan makan sehingga perutmenjadi mual dan sakit kepala. Cara terbaik untuk mengobatinya yaitu dengan mengkonsumsi makanan/minuman yang mengandung mint seperti teh pappermint dsb.

6. Mengatasi Sakit Kepala dengan Kopi

Jika kita mengkonsumsi kopi dalam jumlah wajar ( tidak lebih dari 2-3 cangkir / hari),kopi juga bisa jadi solusi saat anda mengalami sakit kepala. Karena kandungan kafein dalam kopi 40% lebih efektif dalam mengobati sakit kepala. Tapi ingat, jangan terlalu banyak minum kopi karena bisa memicu sakit kepala lagi, jadi minumlah kopi tidak lebih dari 2-3 cangkir / harinya.

7. Mengatasi Sakit Kepala dengan Biji Wijen

Kandungan vitamin E dalam biji wijen dapat membantu menstabilkan estrogen dalam tubuh, sehingga dapat mencegah migrain. Selain itu biji wijen juga kaya akan magneisum yang juga dapat mencegah sakit kepala. Selain biji wijen, makanan seperti kacang-kacangan, minyak zaitun, dandelion, gandum, dan kentang manis, juga banyak mengandung magnesium.

8. Mengatasi Sakit Kepala dengan Mengkonsumsi Ikan

Mengkonsumsi ikan juga dapat membantu meredakan sakit kepala terutama untuk ikan yang berlemak seperti ikan salmon, makarel atau tuna yang kaya akan omega -3 dan lemak esensial yang dapat mencegah peradangan yang dapat menimbulkan migrain.

9. Mengobati Sakit Kepala dengan Semangka

Semangka merupakan jenis buah-buahan yang kaya akan air, jadi dapat anda gunakan untuk mengatasi sakit kepala yang diakibatkan oleh dehidrasi.

10. Mengatasi Sakit Kepala dengan Stretching

Streching merupakan gerakan pergangan (senam). Sakit kepala juga dapat disebabkan oleh otot-otot yang tegang, jadi jika anda sakit kepala, cobalah untuk melakukan gerakan-gerkan senam, atau bisa juga dengan melakukan yoga.

11. Mengatasi Sakit Kepala dengan Tidur Secara Teratur

Tahuka anda terlalu banyak tidur itu salah, namuan kurang tidur juga salah, karena tidur itu harus normal. Manusia tidak bisa bekerja selama 24 jam, karena manusia bukan robot. Usahakan anda mendapatkan waktu tidur yang cukup misal 7-8 jam agar anda terhindari dari yang namanya sakit kepala.

12. Hindari Stress

Tak jarang sakit kepala juga disebabkan oleh otot-otot atau urat syaraf yang tegang, dalam salah satu penyebabnya karena terlalu banyak fikiran yang akhirnya menyebabkan stres dan sakit kepala. Jadi saran saya, jangan terlalu sibuk dengan pekerjaan. Luangkan waktu anda untuk melakukan refreshing.

13. Mengatasi Sakit Kepala dengan Biji Alpukat

Jika penyebab sakit kepala anda disebabkan oleh demam, anda bisa membuat pengompres alami dari biji alpukat. Caranya sediakan 2 biji buah alpukat kemudian parut. Setelah itu campur dengan sedikit air, kemudian tempel di dahi selama kurang lebih 1-2 jam atau setiap anda tidur dimalam hari.


B.SAKIT GIGI

1. Bawang Putih

Penggunaan bawang putih ini merupakan resep turun-temurun dari nenek moyang. Caranya hanya dengan menggunakan satu siung bawang putih kemudian bawang putih tersebut dicincang lalu berikan sedikit garam. Selanjutnya bahan campuran ini dikunyah pada bagian gigi yang berlubang hingga rasa sakit yang terasa semakin hilang. Setelah itu gunakan air hangat yang dicampur dengan garam untuk berkumur.

Alasan menggunakan bawang putih sebagai penghilang rasa sakit, ini karena selain bahan yang mudah didapatkan, pada bawang putih juga terdapat kandungan zat yang bisa membunuh kuman dan juga bakteri yang terdapat pada gigi.

2. Jeruk Nipis

Selain mengadung vitamin C ternyata jeruknipis juga bisa menjadi bahan untuk meredakan sakit gigi, 

Caranyapun terbilang sangatlah mudah pertama perasalah jeruk nipis, ambil air perasan secukupnya kemudian masukan air perasan jeruk nipis tersebut pada area gigi berlubang secukupnya setiap 10-15 menit, lakukan berulang-ulang hingga rasa nyeri pada gigi hilang.

3. Es Batu

Gunakan sebagian kecil es batu lalu gosokan dengan perlahan sekitar 10-20 menit, es batu ini digunakan berfungsi untuk meredam rasa sakit pada saraf-saraf gigi. Dengan melakukan cara ini rasa sakit akan mulai menghilang. Dibandingkan menggunakan obat pereda nyeri cara ini jelas lebih aman.

4. Cabai Hijau

Kandungan vitamin C yang kaya pada cabai hijau juga sangat bagus jika dikonsumsi oleh tubuh. Jika digunakan sebagai penghilang sakit pada gigi berlubang maka potonglah ujung cabai hijau lalu kemudian bakar tapi jangan terlalu lama, pembakaran ini dimaksudkan agar cabai hijau menjadi panas jadi tidak usah lama-lama, setelah dibakar sebentar lalu tempelkan cabai hijau yang sudah panas tersebut pada bagian gigi yang terasa sakit. Lakukan cara ini secara teratur dalam sehari bisa dilakukan dua kali.

5. Biji Alpukat

Biji alpukat bisa digunakan untuk merdakan rasa sakit yang terjadi pada gigi, tentunya kita bisa mencobanya, pertama sangrai biji alpukat hingga kering lalu biji tersebut kita tumbuk hingga menjadi bubuk setelah itu taburkan pada gigi berlubang lalu tutup bagian gigi tersebut menggunakan kapas tunggu hingga rasa sakit berangusur-angsur berkurang.

6. Cengkeh

Mengunyah cengkeh dapat menghilangkan rasa sakit yang dikarenakan oleh sakit gigi dan radang gusi. Efek penghilang rasa sakit yang dimiliki oleh cengkeh berasal dari senyawa alami yang disebut eugenol. Eugenol adalah anestesi alami yang kuat.


C. NYERI TUBUH (OTOT/SENDI)

1. Jahe

Jahe dapat meringankan kekakuan otot dan mengurangi pembengkakan sendi. Gingerol adalah senyawa alami yang terkandung dalam jahe mentah. Jumlah yang disarankan untuk dikonsumsi adalah 1 sendok teh jahe kering atau 2 sendok teh jahe cincang.

2. Pepermint

Peppermint akan membantu menenangkan saraf Anda secara alami. Berendamlah dalam bak air hangat yang telah ditetesi 10 tetes minyak peppermint. Air hangat bersama dengan peppermint akan membantu mengurangi nyeri tubuh dengan menenangkan diri saraf.

3. Kunyit

Nyeri sendi, terutama yang disebabkan oleh arthritis, dapat diatasi dengan menambahkan kunyit ke dalam menu harian Anda. Bahan aktif dalam kunyit yang disebut curcumin, secara alami menutup siklooksigenase 2, sebuah enzim yang meningkatkan penghasil hormon nyeri.

4. Nanas

Nyeri perut akibat gangguan pencernaan seperti naiknya asamnya lambung adalah masalah yang sering kita alami. Nanas akan menjadi obat terbaik untuk mengatasi gangguan pencernaan. Enzim proteolitik yang hadir dalam nanas dapat membantu pencernaan.

5. Buah dan Daun Jambu

Makanlah buah atau daun jambu untuk mengatasi sakit perut,bisa jambu biasa atau pun jambu biji (guava).Bisa juga beberapa helai daunnya di rebus lalu airnya diminum selagi hangat.


D. SAKIT TELINGA

1. Daun Anggrek

2. Kunyit

Kedua bahan ditumbuk halus menjadi satu dan diperas diambil airnya.Bersihkan telinga dengan menggunakan kapas hingga benar-benar bersih. Setelah itu teteskan cairan tersebut kedalam telinga sebanyak 3 tetes. Agar ramuan tersebut tidak keluar tutup telinga dengan menggunakan kapas. Lakukan secara rutin 3 kali sehari.

Disarankan :
  • Banyak makan makanan bergizi yang banyak mengandung vitamin K;hati,kedelai,bayam, dll.
  • Jangan makan ikan laut, udang, kepiting, cumi.
  • Jangan minum minuman beralkohol.
  • Jangan terkena terik matahari pada siang hari.

3. Bawang Bombay

Di dalam Bawang Bombay terdapat kandungan allicin, asam amino, kalsium, mangan, sodium, sulfur, vitamin C, vitamin E, minyak asiri, quercitin, dan curcumin

Berdasarkan penelitian, bahan-bahan yang dikandung oleh Bawang Bombay memiliki manfaat untuk menekan kadar kolesterol dalam darah, meningkatkan jumlah HDL (kolesterol baik) hingga 30%, memperbaiki penyempitan pembuluh darah dan hipertensi, meredakan pilek, meredakan sakit perut, menurunkan kadar gula dalam darah, mencegah kanker, mencegah pemecahan insulin di hati, merangsang produksi insulin oleh pankreas, dan menekan serangan osteoporosis.

Bawang bombay ini dibuat jus lalu teteskan 2-3 tetes airnya pada telinga.

4. Bawang Putih

Tambahkan dua tetes minyak bawang putih hangat ke telinga yang sakit dua kali sehari selama lima hari berturut-turut. Bahan aktif dalam bawang putih seperti germanium, selenium dan senyawa sulfur dapat mengurangi peradangan.


E. SAKIT TENGGOROKAN

1. Garam

Berkumur dengan air garam hangat sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit di tenggorokan. Garam akan membantu mengurangi pembengkakan karena infeksi. Lakukan beberapa kali dalam sehari. Bawang putih juga dapat ditambahkan ke dalamnya.

2. Kacang Hijau

Rebus kacang hijau lalu airnya diminum hangat-hangat.


F. SAKIT KRAM MENSTRUASI

1. Air Hangat

Minum air hangat dan masukkan ke dalam botol lalu gunakan untuk dikompres ke perut.

2. Oatmeal

Oatmeal merupakan sumber makanan yang kaya magnesium yang penting dalam menghilangkan rasa sakit akibat kram menstruasi. Kandungan seng dalam oatmeal dapat membantu Anda untuk menyingkirkan kram menstruasi yang menyakitkan.


G.NYERI SALURAN KEMIH

Blueberry efektif dalam mengurangi rasa sakit akibat infeksi saluran kemih. Antioksidan yang hadir dalam blueberry cukup kuat untuk mengobati infeksi kandung kemih.


Itulah beberapa tips penghilang rasa sakit yang aman dan alami untuk alternatif pengganti obat-obatan kimia.Semoga dapat menambah pengetahuan kita semua. :~








kode emoticon komentar
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z: :ab:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar